Kunjungi KPU Sumbawa dalam Giat Monev KIP Tahun 2022

Tue, 08 Nov 2022

Komisi Informasi NTB melakukan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi KPU Kabupaten Sumbawa yang mencakup mulai dari proses pengumpulan data realisasi program/kegiatan, Inovasi, pelaporan kegiatan, hingga penilaian dan evaluasi capaian kinerja.
Dalam kegiatan tersebut Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB, Suaeb Qury S.HI, bersama Tim sekaligus anggota Badrun, A.M, Drs. H.M. Zaini, Asraruddin, S.AP, dan Samsuri, S.pt. MM, hadir melaksanakan Monev di kantor KPU Kabupaten Sumbawa pada Rabu, 2 November 2022.


Dari KPU Sumbawa hadir Ketua KPU Sumbawa M. Wildan, Muhammad Ali, Aryati, Nurul Khaerani, M. Kaniti dan Sekretaris Lahmuddin, SE, serta jajaran sekretariat KPU Sumbawa, dalam acara tersebut Sekretaris sebagai atasan PPID dan mewakili Ketua dan anggota KPU Sumbawa memaparkan kinerja PPID KPU Sumbawa dalam keterbukaan informasi.
Dalam penyampaiannya Lahmuddin memaparkan materi pelaksanaan pelayanan informasi dihadapan Tim penilai KI NTB antara lain menyatakan bahwa Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia. Kecuali informasi yang dikecualikan sebagaimana diatur dalam peraturan perundangan undang-undangan
Dalam kegiatan Monev tersebut, Lahmuddin juga menjelaskan hal-hal lain seperti Visi, Misi, Struktur PPID , strategi, inovasi, , sarana prasarana, anggaran dan SDM dalam pengelolaan informasi di KPU Sumbawa.


Selain itu KPU Kabupaten Sumbawa juga berkomitmen untuk tetap meningkatkan kualitas pelayanan informasi kepada publik melalui kegiatan penguatan kapsitas internal pengelolaan dokumen dan informasi publik lanjut Lahmuddin.
Berapa inovasi pelayan informasi yang sudah dikembangkan oleh KPU Sumbawa semata-mata untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat seperti, pelayanan permohonan informasi secara online, peyediaan data dan dokumentasi yang disediakan secara online melalui website kkhusus PPID, website KPU Sumbawa dan media social, tegas Lahmuddin.
Dibagian akhir, Lahmuddin menyatakan bahwa KPU Sumbawa akan terus berbenah, berinovasi dan berkreasi untuk memastikan pelayanan keterbukaan informasi yang terbuka, mudah dan cepat bagi masyarakat di kabupaten Sumbawa.


Pada kegiatan monev tersebut, KI NTB mengapresiasi kerja nyata KPU Sumbawa dalam menginplemetasikan pemberian pelayanan Keterbukaan Informasi, sebagaimana amanat pasal 28F UUD 1945, UU No. 14 tahun 2008, dan Peraturan KPU No. 1 Tahun 2015.